Tes Kesehatan – Kebugaran Pada PKN STAN

Admin CMO • Minggu, 21 April 2024

Tes Kesehatan – Kebugaran Pada  PKN STAN

Pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB PKN STAN 2023 tengah berlangsung. Berbeda dengan materi tahun-tahun sebelumnya, terdapat salah satu subtes seleksi yang dihapus dalam tahapan tes kesehatan dan kebugaran. 


Sebelumnya, menurut Pengumuman Direktur Nomor PENG 84/PKN/2023 Tentang Hasil SKD Serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (TKK Serta Tes Psikologi) Pada SPMB Program Studi Diploma IV PKN STAN Tahun 2023.



Materi Ujian Tes Kesehatan

Nurkhamid selaku Ketua Divisi Perencanaan dan Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran SPMB PKN STAN memaparkan ada lebih dari 20 item yang akan dicek dalam Tes Kesehatan.


"Yang dites itu dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jadi komponen yang diuji di kesehatan itu lumayan banyak. Dari yang sifatnya emergency dalam arti kalau misalnya kondisi kurang bagus, maka itu berpotensi menggugurkan, sampai kondisi-kondisi umum," ujarnya dalam InSTAN Eps. 10 - Menuju TKK SPMB PKN STAN 2023 via Instagram @pknstan dikutip Senin (24/7/2023).


Adapun rangkaian Tes Kesehatan ialah:


Pemeriksaan suhu

Tinggi dan berat badan

Tekanan darah

Nadi

Buta warna

Varises

Kulit

Mata

Gigi dan mulut

Hemoroid

Telinga Hidung Tenggorokan (THT)

Jantung

Paru-paru

Perut

Hati atau limpa

Kelenjar getah bening

Anggota gerak

Sikap

dan lainnya yang akan dilakukan oleh penguji kesehatan

Ia juga menegaskan bahwa keputusan kelulusan tergantung dari dokter penguji. Keputusan kelulusan akan berdampak pada tahap tes selanjutnya yakni Tes Kebugaran


"Jadi nanti kita harap temen-temen menerima apa yang disampaikan dokter seperti apa," ujarnya.


Materi Ujian Tes Kebugaran

Tes Kebugaran terbagi menjadi Tes Kebugaran A dan Tes Kebugaran B. Dalam Tes Kebugaran A, peserta akan mengikuti tes lari selama 12 menit mengelilingi lapangan.


"Temen-temen lari dalam satu waktu 12 menit sebanyak-banyaknya, sejauh-jauhnya, nanti hasilnya akan diranking," jelas Nurkhamid.


Kemudian peserta akan lanjut mengikuti Tes Kebugaran B. Pada tahap ini, peserta wajib melakukan push up, sit up, dan shuttle run.


"Push up perempuan sama push up laki-laki itu beda. Silahkan lihat di internet itu ada. Kami juga akan diarahkan penguji nanti," jelasnya.


Lebih lanjut, penilaian lari, push up, dan sit up didasarkan pada jumlah sebanyak-banyaknya dalam waktu yang diberikan. Berbeda dengan shuttle run, di mana peserta diimbau untuk lari secepat mungkin.


Nurkhamid juga mengatakan jika salah satu sub tes Tes Kebugaran dihapuskan dalam seleksi tahun ini, yakni pull up.


"Pull up tahun ini tidak ada," ujarnya. Seperti diketahui dalam SPMB PKN STAN tahun sebelumnya materi pull up atau chin up masih diujikan pada calon mahasiswa.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6839363/materi-tes-kesehatan-kebugaran-spmb-pkn-stan-2023-pull-up-dihapus

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE