Mengenal PKN STAN, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kemenkeu RI

Admin CMO • Rabu, 17 Januari 2024

Mengenal PKN STAN, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan Kemenkeu RI

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.




Sejarah Singkat PKN STAN


Dalam proses pendiriannya, Politeknik Keuangan Negara STAN memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya, Politeknik Keuangan Negara STAN adalah gabungan dari penyelenggara pendidikan tinggi di bidang keuangan yang berbentuk kursus jabatan, akademi, sekolah tinggi, dan institut yang dalam naungan institusi pemerintah pengelola keuangan negara yang pada saat itu dikenal dengan Jawatan Pajak dan Jawatan Pabean. Pada saat ini, kedua lembaga pengelola keuangan negara tersebut dikenal dengan nama Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.


Jika diuraikan secara singkat, sejarah terbentuknya PKN STAN dapat dirunut, sebagai berikut:


1. Kursus DJabatan Ajun Akuntan (KDAA) dan Ajun Akuntan Pajak (AAP)


Pada tanggal 31 Juli 1952, melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No.167941/UP, didirikan Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA) yang mencakup Ajun Akuntan Negara (AAN), kursus tersebut diselenggarakan di Bandung, sedangkan untuk Ajun Akuntan Pajak (AAP) diselenggarakan di Jakarta.


2. Akademi Pajak dan Pabean (AP2)


Sebelumnya, Akademi Pajak dan Pabean (AP2) lebih dikenal dengan Akademi Pajak berdasarkan dengan Keputusan Menteri Keuangan No: 213812/UP pada pada tanggal 4 Oktober 1956. Kemudian, pada tanggal 25 November 1957 melalui Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP bertransformasi menjadi Akademi Pajak dan Pabean (AP2). AP2 ini berlokasi di tiga tempat, salah satunya di Jl. Purnawarman 00 Kebayoran Baru Jakarta.


3. Keuangan Negara (STIKN)


Pada tahun 1959, Akademi Pajak dan Pabean diberhentikan oleh Menteri Keuangan saat itu, kemudian digantikan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara.. Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) berdiri pada tanggal 31 Desember 1959 mengacu pada Surat Keputusan Menkeu No: 175402/UP/X. Bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara, terdapat beberapa institusi pendidikan yang bergerak di bidang keuangan pada saat itu, seperti Akademi Treasury Negara (ATN) yang didirikan oleh Departemen Keuangan pada tahun 1958 dan Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) yang didirikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 1963.


4. Institut Ilmu Keuangan (IIK)


Institut Ilmu Keuangan (IIK) didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Keppres No.167 tahun 1968. Institut Ilmu Keuangan merupakan peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK yang sudah setara dengan perguruan tinggi lainnya. Namun, delapan tahun kemudian tepatnya pada tahun 1957 Institut Ilmu Keuangan dibubarkan.


5. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)


Awalnya, STAN bukan pengganti dari Institut llmu Keuangan yang telah dibubarkan. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah BPLK (Badan Pendidikan dan Latihan keuangan) yang terbentuk melalui Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974 jo. Kemudian, pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975. STAN mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Pada tahun ajaran pertamanya STAN masih menggunakan kampus Purnawarman untuk kegiatan belajar mengajar. Kemudian, setelah dua tahun peresmiannya oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Radius Prawiro pada tanggal 16 Juli 1986. STAN mulai menggunakan kampus yang ada di Bintaro, tepatnya pada tahun 1988. Saat itu, Kampus STAN Bintaro juga dikenal dengan nama kampus Ali Wardhana. Nama tersebut merupakan sebagai bentuk penghargaan kepada Menteri Keuangan di era tahun 1968 sampai 1983. 


Agar STAN dapat berkontribusi dalam menyediakan SDM yang berkompeten di bidang keuangan negara, Kementerian Keuangan STAN dituntut oleh perkembangan program reformasi birokrasi dan untuk menata baik dari segi operasional maupun organisasi STAN. Hingga, pada tanggal 15 juli 2015 keluarlah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN sekaligus menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN.


Program Studi di PKN STAN


PKN STAN punya sejumlah prodi (prodi) untuk jenjang Diploma IV (D4) maupun Diploma III (D3) yang bisa dipilih para calon mahasiswa. 


  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik 

  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara 

  • Diploma IV Manajemen Aset Publik 

  • Diploma III Akuntansi 

  • Diploma III Pajak 

  • Diploma III PBB/Penilai 

  • Diploma III Kepabeanan dan cukai 

  • Diploma III Kebendaharaan negara 

  • Diploma III Manajemen aset


Fasilitas di Politeknik Keuangan Negara STAN


1.Perpustakaan (2 lantai)

Perpustakaan merupakan salah satu sarana prasarana yang penting dalam meningkatkan intelektualitas dan kemajuan institusi pendidikan. Karena itu Politeknik Keuangan Negara STAN memberikan fasilitas perpustakaan dua lantai untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi bacaan dan bahan tugas.


2. Poliklinik (1 lantai)

Selain menyediakan sarana prasarana yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan fasilitas layanan kesehatan berupa poliklinik. Unit layanan kesehatan tersebut diperuntukkan untuk Mahasiswa dan staf Politeknik Keuangan Negara STAN.


3. Laboratorium atau Mini Office (6 ruang)

Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan laboratorium yang bisa digunakan sebagai kelas dan mini office yang digunakan untuk kuliah lapangan.


4. Sarana olahraga (3 ruang, 8 lapangan)

Demi mewujudkan terciptanya sivitas akademika Politeknik Keuangan Negara STAN yang memiliki kebugaran dan kesehatan yang baik. Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan sarana prasana pendukung untuk olahraga seperti lapangan sepak bola, bola voli, bulu tangkis, jogging track, lapangan tenis, dan masih banyak lagi.


5. Ruang unit kegiatan mahasiswa (7 ruang)

Tidak hanya memaksimalkan sarana prasarana yang menunjang kegiatan akademik. Politeknik Keuangan Negara STANjuga menyediakan ruang unit kegiatan mahasiswa atau student centre demi menunjang kegiatan non akademik mahasiswa. Di ruang unit kegiatan mahasiswa, terdapat berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat diikuti mahasiswa untuk mengasah bakat minatnya dalam seni dan olahraga, seperti Stand Music Club, Schene Things, basket, futsal, MAPALA, panahan, airsoft, panjat tebing, kerohanian untuk seluruh agama, tari, modern dance, MC, bulu tangkus, dan masih banyak lainnya.


6. Ruang pelatihan bahasa asing (1 ruang)

Mengingat meningkatnya ekspansi perusahaan-perusahaan internasional di dalam negeri, Politeknik Keuangan Negara STAN memfasilitasi mahasiswanya dengan ruang pelatihan bahasa asing demi memperlancar kemampuan bahasa asingnya seperti bahasa Inggris.


7. ATM (3 titik)

Politeknik Keuangan Negara STAN juga melengkapi infrastruktur penunjang seperti ATM, yang disediakan di tiga titik strategis untuk memudahkan akses mahasiswanya.


8. Area parkir (9 titik)

Sarana Prasarana penunjang lainnya adalah area parkir yang tentunya sudah terjamin keamanannya. Politeknik Keuangan Negara STAN menyediakan sembilan titik tempat parkir yang tersebar di lingkungan kampus.


9. Kantin (2 titik)

Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan kantin dalam lingkup kampus yang tersebar di dua titik strategis. Tentunya keberedaan kantin ini dapat memudahkan mahasiswa sehingga mereka tidak perlu mencari makan di tempat yang jauh.


10. Fasilitas terbuka (1.000 m2)

Demi mendukung kegiatan mahasiswa di luar kelas, Politeknik Keuangan Negara STAN menyediakan fasilitas terbuka yang berupa taman mahasiswa dengan luas 1.000 m2 untuk kapasitas 500 orang. Tidak hanya itu juga, Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan bangunan gazebo yang biasanya digunakan mahasiswa untuk berinteraksi sosial dan berdiskusi dengan luas bangunan 50 m2 dengan kapasitas untuk 16 orang




TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 🤩


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes Sekolah Kedinasan, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk Sekolah Kedinasan 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?


✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Referensi: https://www.gramedia.com/pendidikan/universitas/politeknik-keuangan-negara-stan/ 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/06/190300671/politeknik-keuangan-negara-stan-pilihan-prodi-syarat-masuk-biaya?page=all 


Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE