Simak 3 Perbedaan Antara IPDN dan PKN STAN

Admin CMO • Selasa, 26 Maret 2024

Simak 3 Perbedaan Antara IPDN dan PKN STAN

Ini perbedaan sekolah kedinasan IPDN dan PKN STAN yang penting diketahui. Salah satunya berkaitan dengan prospek kerja yang didapat para lulusannya kelak. Pada deretan nama sekolah kedinasan di Indonesia, sebagian orang tentu sudah mengenal Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Keduanya memang sudah menjadi primadona dan masuk jajaran teratas sekolah kedinasan favorit di Tanah Air. 


Kendati sama-sama berstatus sekolah kedinasan, IPDN dan PKN STAN tetap memiliki sejumlah perbedaan yang mendasar. Berikut ini di antaranya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (27/2/2024). 



Perbedaan Sekolah Kedinasan IPDN dan PKN STAN 


  1. Pengertian dan Sejarah 

IPDN merupakan singkatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Pada statusnya, sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 


Pada tujuannya, IPDN bertujuan mempersiapkan kader pemerintahan, baik di tingkat daerah maupun pusat. Melihat ke belakang, sekolah kedinasan ini memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya. 


Mengutip laman resminya, riwayat panjang IPDN berawal dari tahun 1920. Waktu itu namanya dikenal dengan Opleiding School Voor Inlandshe Ambtenaren (OSVIA) dan Middlebare Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (MOSVIA), Opleiding School Indische Ambtenaren (OSIBA). 


Beralih ke PKN STAN sekolah kedinasan ini menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Setiap tahun, jumlah peminatnya selalu tinggi, sehingga menjadikan persaingan masuknya cukup sulit.


Berbeda dengan IPDN, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah sekolah kedinasan yang beroperasi di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pada riwayatnya, PKN STAN menjadi transformasi dari sekolah kedinasan yang dulunya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). 


  1. Jurusan 

IPDN memiliki sekitar 10 jurusan kuliah yang masing-masing terbagi dalam beberapa fakultas dan program berbeda. Masing-masing di antaranya adalah Praktik Perpolisian Tata Pamong, Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan, Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, Keuangan Publik, Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik, Studi Kebijakan Publik, Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Administrasi Pemerintahan Daerah, serta Politik Indonesia Terapan. 


Sementara itu, PKN STAN menyediakan pilihan jurusan yang terbagi atas program D4 dan D3. Di antaranya seperti Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Diploma IV Manajemen Aset Publik, Diploma III Akuntansi, Diploma III Pajak, Diploma III PBB/Penilai, Diploma III Kepabeanan dan cukai, Diploma III Kebendaharaan negara, serta Diploma III Manajemen Aset. 


  1. Prospek Kerja 

Ikatan dinas menjadi salah satu faktor yang menjadi daya tarik peminat IPDN dan PKN STAN. Sebagaimana diketahui, lulusan ikatan dinas nantinya bisa menjadi CPNS sesuai ketentuan dari instansi yang menaunginya. 


Namun, karena IPDN dan PKN STAN berada dalam naungan yang berbeda, maka penempatan kerja lulusannya pun nanti tidak sama. Di satu sisi, IPDN berada di sektor pemerintahan, sedangkan PKN STAN lebih ke arah bidang keuangan. Demikianlah ulasan mengenai sejumlah perbedaan antara sekolah kedinasan IPDN dan PKN STAN. Semoga bermanfaat.


Gimana? Sudah siap masuk PKN STAN? Sejauh mana persiapanmu?

TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi:  https://edukasi.sindonews.com/read/1331593/211/simak-3-perbedaan-sekolah-kedinasan-ipdn-dan-pkn-stan-1709258598?_gl=1*wny0br*_ga*YW1wLXpjN0JmeEU2MTBOdlZIalpLMV9CUFE

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE