Simak, Prospek Kerja Lulusan STAN

Admin CMO • Kamis, 14 Maret 2024

Simak, Prospek Kerja Lulusan STAN

Prospek kerja lulusan STAN menarik disimak. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di tanah air. Pendidikan kedinasan kini banyak menjadi pilihan siswa ketika lulus SMA/SMK.

Pada sistem seleksi sekolah kedinasan tahun ini, PKN STAN memakai nilai ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu syarat. Setelah selesai proses seleksi administrasi maka tahapannya berlanjut ke Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kemudian dilanjut tes kesehatan, kebugaran, dan tes psikologi.

Dikutip dari berbagai sumber, secara umum dan sebagian besar lulusan STAN akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, namun sebagian lainnya juga ditempatkan di instansi pemerintah lain.


Prospek Kerja dan Penempatan Lulusan STAN

Direktorat Bea Cukai

Ketika kamu memilih jurusan bea dan cukai di PKN STAN, ketika kamu nanti lulus, kamu akan bekerja di Direktorat Bea dan Cukai. Nanti kamu bisa ditempatkan di bagian pelabuhan atau di bandara yang berhubungan dengan kepabeanan dan cukai pastinya.


Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Lulusan STAN yang ditempatkan di kantor DJP bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Lulusan STAN yang ditempatkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) akan bertugas dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN)

Selanjutnya, lulusan STAN juga akan ditugaskan di Ditjen Perbendaharaan yang mana akan terlibat dalam merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang perbendaharaan negara sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Instansi Pemerintah Lainnya

Seperti yang sudah dibahas, lulusan STAN juga memiliki peluang untuk ditempatkan di lingkungan instansi pemerintah yang lain, seperti:

Kementerian Koordinator bidang Perekonomian

Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman

Kementerian Pertahanan

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN / Bappenas)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Badan Pemeriksa Keuangan

Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan

Badan Narkotika Nasional

Nah itu dia prospek dan penesmpatan lulusan STAN. Semakin tertarik buat masuk ke kampus ini? Sudah persiapkan dirimu? Yuk persiapkan dirimu bersama Bimbel Akses.

TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi : https://edukasi.okezone.com/read/2023/10/13/65/2900816/simak-prospek-kerja-lulusan-stan?page=2 


Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE