Simak, Ini Perbedaan Syarat Umum di IPDN dan PKN STAN

Admin CMO • Rabu, 17 April 2024

Simak, Ini Perbedaan Syarat Umum di IPDN dan PKN STAN

Pendaftaran Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN 2024 akan segera dibuka. Kedua sekolah kedinasan tersebut selalu menjadi primadona bagi para siswa yang bercita-cita ingin menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Melalui dua lembaga ini juga kamu bisa berkesempatan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah lulus dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun kelulusan. Namun, sebelum mendaftarkan diri ada beberapa perbedaan terkait persyaratan umum masuk IPDN dan PKN STAN yang perlu diketahui.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak keliru saat ingin mendaftarkan diri dan dapat menentukan sekolah kedinasan mana yang paling diminati. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia beberapa perbedaan syarat umum di IPDN dan PKN STAN.




1. Syarat umum pendaftaran di IPDN

IPDN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri). Bagi kamu yang berminat mendaftar sekolah kedinasan ini, ada beberapa persyaratan umum yang penting untuk diketahui. Mengacu pada persyaratan tahun lalu yang dikutip ipdn.ac.id, berikut beberapa di antaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Usia peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Januari tahun seleksi

  • Tinggi badan peserta bagi pria minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm

  • Terbuka untuk lulusan SMA/MA

  • Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak

2. Syarat umum pendaftaran di PKN STAN

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Sama halnya dengan IPDN, PKN STAN juga menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia dengan persaingan yang cukup ketat. Berikut beberapa syarat umum pendaftaran PKN STAN dilansir situs resmi pknstan.ac.id.

  • Usia minimal 14 tahun dan maksimal 21 tahun

  • Terbuka untuk lulusan SMA/Sederajat

  • Tidak ada batas minimal untuk tinggi badan

  • Tidak ada persyaratan bebas buta warna

  • Tidak ada batasan untuk dioptri mata

3. Perbedaan syarat umum di IPDN dan PKN STAN

Setelah mengetahui persyaratan umum untuk mendaftar IPDN dan PKN STAN, berikut kami bahas mengenai perbedaan persyaratan umum di antara kedua sekolah kedinasan tersebut.

  • Usia

Dari segi usia, IPDN menetapkan batas usia antara 16 sampai 21 tahun. Sementara itu, PKN STAN menetapkan rentang usia yang lebih luas, yakni 14 sampai 21 tahun.

  • Pendidikan

Bagi calon pendaftar yang ingin menempuh studi di IPDN, mereka harus tercatat sebagai lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Sedangkan untuk menempuh pendidikan di PKN STAN, calon pendaftar tidak hanya berasal dari lulusan SMA/MA, mereka yang berasal dari lulusan SMK pun diperbolehkan untuk mendaftar.

  • Tinggi badan

IPDN telah mencantumkan syarat terkait tinggi badan calon peserta, yakni 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan. Sementara itu, PKN STAN tidak memiliki syarat tinggi badan.

  • Kesehatan mata

Calon peserta yang mendaftar di IPDN tidak boleh berkacamata atau memiliki gangguan penglihatan lainnya. Sementara di PKN STAN, calon peserta yang berkacamata masih diperbolehkan untuk mendaftar.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa perbedaan persyaratan umum di IPDN dan PKN STAN, mulai dari usia, pendidikan, tinggi badan, hingga kesehatan mata. Oleh sebab itu, calon pendaftar diharapkan memahami dengan cermat persyaratan tersebut, sehingga bisa menentukan sekolah kedinasan mana yang paling sesuai dengan minat, kriteria, dan tujuan karier masing-masing.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.idntimes.com/life/education/delvi-a/syarat-umum-di-ipdn-dan-pkn-stan-c1c2?page=all

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE