PKN STAN Tak Syaratkan Mata Minus atau Buta Warna, tapi…

Admin CMO • Sabtu, 16 Maret 2024

PKN STAN Tak Syaratkan Mata Minus atau Buta Warna, tapi…

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN pada tahun 2023 tidak mensyaratkan kesehatan mata dalam seleksinya. Mata minus tidak menggugurkan peserta dalam proses seleksi.


"Kalau toleransi terkait minus, kalau untuk tes yang sekarang ya itu minus apa saja itu tidak otomatis menggugurkan," jelas Nurkhamid, Ketua Divisi Perencanaan dan Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran SPMB PKN STAN, dalam InSTAN Eps. 10 - Menuju TKK SPMB PKN STAN 2023 via Instagram @pknstan dikutip Senin (24/7/2023).


Nurkhamid menyinggung persyaratan SPMB PKN STAN tahun-tahun sebelumnya. Saat itu, terdapat batas mata minus untuk peserta yang nantinya ingin bekerja di Bea Cukai.


"Kalau dulu salah satu syarat kita adalah masuk Bea Cukai. Ada persyaratan (minus), di atas 3 nggak boleh," jelasnya.


Dalam Tes Kesehatan yang termasuk Seleksi Lanjutan, peserta akan dicek kesehatan matanya hingga buta warna. Meski tidak menggugurkan peserta, hasil dari tes mata perlu menjadi perhatian. Mengapa?


Ada Ranking Tes Kesehatan

Setelah dilakukan pemeriksaan, kondisi kesehatan peserta akan melalui pemeringkatan. Peserta dengan kondisi mata normal atau minus akan dimasukkan dalam peringkat.


"Misalnya mata yang normal sama mata yang normal minus berapa akan kita ranking. Tapi itu tidak menggugurkan Tes Kebugaran," ujar Nurkhamid.


Lebih lanjut, Nurkhamid menjelaskan jika peserta juga akan melalui tes buta warna. Hasilnya, peserta bisa ditetapkan sebagai buta warna penuh, buta warna parsial, atau tidak buta warna.



"Apakah yang bersangkutan buta warna full atau buta warna parsial dan itu juga tidak menggugurkan. Atau mungkin ada yang nggak tau bahwa yang bersangkutan buta warna," tuturnya.


Namun ia mengingatkan, jika hasil pengecekan buta warna juga akan dimasukkan dalam pemeringkatan.

"Hanya nanti ketika membandingkan antara yang normal, minus berapa, sama buta warna, tentu saja kita bandingkan," jelasnya.


"Kalau di ranking, yang terbaik yang normal," sambungnya.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 

Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6839614/spmb-pkn-stan-tak-syaratkan-mata-minus-atau-buta-warna-tapi 

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE