Mengenal 4 Tahapan Seleksi SPMB PKN STAN

Admin CMO • Senin, 5 Februari 2024

Mengenal 4 Tahapan Seleksi SPMB PKN STAN

Salah satu tahapan seleksi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN akan kembali menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasi Komputer (UTBK-SNBT) 2024 yang dilaksanakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).


Nilai UTBK tersebut akan menjadi salah satu syarat administratif pada seleksi masuk PKN STAN. Nilai UTBK juga dijadikan syarat pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN 2023. Pada seleksi tahun lalu, ada sejumlah tahapan seleksi PKN STAN yang perlu dijalani pelamar untuk dinyatakan lolos sebagai mahasiswa.


Nah, sambil menanti pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan 2024 dan SPMB PKN STAN 2024, yuk, kenali dulu apa saja tahapan seleksi PKN STAN. Berikut tahapnya seperti dikutip dari penyelenggaraan tahun lalu.





Tahapan Seleksi PKN STAN



1. Seleksi Administrasi


Seleksi Administrasi di PKN STAN menyaring peserta berdasarkan persyaratan untuk program reguler dan program afirmasi. Karena nilai UTBK merupakan salah satu syarat administratif, peserta seleksi PKN STAN perlu mengikuti UTBK-SNBT 2024.


Peserta UTBK dapat memilih kelompok ujian saintek, soshum, maupun campuran. Jika memenuhi persyaratan, peserta dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).



2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)


SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tahap seleksi ini terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.


Peserta seleksi PKN STAN dinyatakan lolos SKD jika memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan pada Seleksi Lanjutan I. Jumlah kebutuhan peserta yang lolos Seleksi Lanjutan I ditentukan panitia pusat.


SKD diikuti peserta yang lolos Seleksi Administrasi dan sudah melakukan pembayaran. Pada penyelenggaraan tahun lalu, biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp350.000, sudah termasuk biaya SKD Rp50.000.



3. Seleksi Lanjutan I


Seleksi Lanjutan I terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi. Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, atau pemeriksaan kesehatan lain yang ditentukan panitia pusat.


Peserta juga akan diuji lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up atau chinning, push up, sit up, atau aktivitas lain yang ditentukan panitia pusat. Sementara itu, Tes Psikologi dilaksanakan berbasis komputer (Computer Based Test).


Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran serta kriteria kriteria psikologi. Nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara kedua kriteria dengan bobot masing-masing 50%.


Peserta juga wajib berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk dinyatakan lolos dan lanjut Seleksi Lanjutan II. Seperti Seleksi Lanjutan I, jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan panitia pusat.Baca juga:Rekomendasi Sekolah Kedinasan buat Siswa IPA dan SMK, Bisa Kuliah Gratis



4. Seleksi Lanjutan II


Seleksi Lanjutan II merupakan Tes Wawancara semi daring. Peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.


Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II bila memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan. Jumlah kebutuhan peserta yang lulus SPMB PKN STAN juga ditentukan panitia pusat.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.




Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?


✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5994115/mengenal-4-tahapan-seleksi-pkn-stan-yuk-siap-siap


Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE