Mau Masuk PKN STAN Tapi Tidak Melalui Jalur UTBK SNBT 2024? Ini Jalur yang Bisa Dipakai dan Syarat-syaratnya

Admin CMO • Rabu, 17 April 2024

Mau Masuk PKN STAN Tapi Tidak Melalui Jalur UTBK SNBT 2024? Ini Jalur yang Bisa Dipakai dan Syarat-syaratnya

Seleksi  Penerimaan  Mahasiswa  Baru  (SPMB) Politeknik  Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2024 pengumuman  Pendaftaran  dan  Seleksi  Sekolah  Kedinasan  tahun 2024 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).


Seperti diketahui, tahapan SPMB PKN STAN 2024 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis  Komputer Seleksi  Nasional  Berdasarkan  Tes  (UTBK SNBT)  tahun  2024 yang  dilaksanakan oleh  Balai  Pengelolaan  Pengujian  Pendidikan  (BPPP). Hal ini sama seperti tahun sebelumnya.



 “Oleh  karena  itu,  para  peserta  yang  berminat untuk  mengikuti  SPMB  PKN STAN  tahun  2024 diminta  agar  dapat  mengikuti  UTBK SNBT  tahun  2024,” dikutip dari siaran pers PKN STAN pada 31 Januari lalu.


Jalur PKN STAN Yang Tidak Butuh Syarat Nilai UTBK SNBT 

PKN STAN membuka 3 jalur penerimaan mahasiswa baru yakni jalur reguler, jalur afirmasi kewilayahan, dan jalur pembibitan. 


Dikutip dari pengumuman seleksi tahun 2023, nilai UTBK SNBT merupakan salah satu syarat untuk masuk melalui jalur reguler dan jalur afirmasi kewilayahan.  

“Peserta Jalur Pembibitan tidak disyaratkan memiliki nilai UTBK-SNBT,” seperti dikutip Media24 dari Pengumuman Nomor PENG-32/PKN/2023 yang dikeluarkan 31 Maret 2023 lalu.


Jalur Pembibitan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru lulusan pendidikan menengah atasmelalui mekanisme kerja sama PKN STAN dengan pemerintah daerah. 


Nantinya, mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pendidikan akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal. 

Daftar pemerintah daerah yang melakukan kerja sama dengan PKN STAN untuk tahun 2023 dan pembagian alokasi: 

  • Kabupaten Bojonegoro 10 kuota

  • Kabupaten Jember 10 kuota

  • Kabupaten Kepulauan Meranti 10 kuota

  • Kabupaten Mahakam Ulu 10 kuota

  • Kabupaten Timor Tengah Selatan 10 kuota

  • Kota Cirebon 10 kuota


Persyaratan Jalur Pembibitan PKN STAN

Jalur Pembibitan (berdasarkan tahun penerimaan 2023)


- lulusan tahun 2021 atau tahun 2022, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00. Artinya untuk penerimaan tahun 2024 maksimal lulusan tahun 2022.

- calon lulusan tahun 2023, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 75,00 dengan skala 100,00.

- nilai di atas bukan hasil dari pembulatan.


Syarat tambahan untuk jalur pembibitan sebagai berikut:

a. berdomisili pada kota/kabupaten pembibitan yang dipilih dibuktikan dengan KTP/Kartu Keluarga; dan

b. memiliki orang tua (ayah atau ibu kandung) lahir di Kota/Kabupaten yang melaksanakan kerja sama pembibitan yang dipilih, dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ayah atau ibu kandung peserta;


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.media24.id/berita/amp/68333345/tidak-ikut-utbk-snbt-2024-tapi-mau-masuk-sekolah-kedinasan-stan-ini-jalur-yang-bisa-dipakai-dan-syarat-syaratnya 

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE