Jalur Penerimaan dan Syarat Pendaftaran PKN STAN 2024

Admin CMO • Minggu, 10 Maret 2024

Jalur Penerimaan dan Syarat Pendaftaran PKN STAN 2024

Penerimaan mahasiswa di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) menjadi salah satu yang paling dinantikan pada tahun 2024. Kapan pendaftarannya akan resmi dibuka? Menurut informasi dari detikEdu, pemerintah telah mengalokasikan 6.027 formasi untuk calon mahasiswa, taruna, dan praja pada pendaftaran sekolah kedinasan 2024. Meskipun demikian, belum ada pengumuman resmi mengenai kapan pendaftaran untuk sekolah kedinasan 2024, termasuk PKN STAN 2024. Berdasarkan pengalaman pendaftaran tahun sebelumnya pada 2023, seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) PKN STAN diperkirakan akan diumumkan secara bersamaan dengan pengumuman seleksi sekolah kedinasan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). Pendaftaran diperkirakan akan berlangsung pada bulan April hingga Mei, sesuai dengan tahun sebelumnya.


Jalur Penerimaan PKN STAN

Ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di PKN STAN, yaitu:


1. Jalur reguler

Jalur reguler dibuka untuk seluruh siswa lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama untuk mengisi formasi pegawai Kementerian keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya, atau Pemerintah Daerah.


2. Jalur afirmasi kewilayahan

Jalur penerimaan yang dikhususkan untuk siswa lulusan SMA/sederajat di bawah Kemendikbudristek atau Kemenag untuk mengisi formasi di wilayah afirmasi yang telah ditentukan.



3. Jalur pembibitan

Jalur penerimaan yang dikhususkan untuk siswa lulusan SMA/sederajat di bawah Kemendikbudristek atau Kemenag melalui mekanisme kerja sama PKN STAN dengan pemerintah daerah. Mahasiswa yang dinyatakan lulus nantinya akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal.


Syarat pendaftaran PKN STAN

  1. Lulusan tahun 2024 dan dua tahun di bawahnya.

  2. Memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dari skala 100,00 (reguler dan afirmasi) 75,00 dari skala 100,00 (pembibitan).

  3. Usia maksimal 21 tahun dan minimal 14 tahun.

  4. Memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) bagi jalur reguler dan afirmasi kewilayahan. Jadi, jangan lupa untuk mendaftar akun SNPMB ya detikers!

  5. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan narkoba.

  6. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinga atau anggota badan lainnya.

  7. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik di anggota badan lainnya selain telinga. Tindik di telinga hanya diperbolehkan 1 pasang.

  8. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.

  9. Peserta belum dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

Nah itulah informasi terbaru untuk pendaftaran PKN STAN 2024 yang kemungkinan akan dibuka bulan April-Mei 2024 mendatang. Yuk segera persiapkan diri kamu bersama Bimbel Akses!

TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! Dengan Bimbingan


Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.



Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-7132184/pendaftaran-pkn-stan-2024-kapan-dibuka-cek-informasinya-di-sini/amp

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE