Inilah Perbedaan Jurusan D-1 Pajak & D-III Pajak PKN STAN

Admin CMO • Rabu, 20 Maret 2024

Inilah Perbedaan Jurusan D-1 Pajak & D-III Pajak PKN STAN

Meskipun sama-sama Jurusan Pajak tentunya ada beberapa perbedaan yang wajib kamu ketahui diantara D1 Pajak dan D3 Pajak, untuk info lebih lanjut bisa kamu temukan di bawah ini.


Inilah Perbedaan Jurusan D-1 Pajak & D-III Pajak PKN STAN – Menjadi salah satu kampus impian, setiap tahunnya ada ribuan peserta yang menyerbu pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN). Ada berapa jurusan yang ditawarkan oleh PKN STAN, salah satunya saja ada jurusan Pajak. Di PKN STAN, jurusan Pajak dibagi menjadi dua program yakni program Diploma-1 (D1) dan program Diploma-3 (D3). Untuk info lebih jelas seputar perbedaan keduanya, silahkan baca informasi lengkapnya di bawah ini.


Perbedaan D1 Pajak dan D3 Pajak PKN STAN

Meskipun sama-sama Jurusan Pajak, tentunya ada beberapa perbedaan yang wajib kamu ketahui diantara Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak dan Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak. Adapun beberapa perbedaan ini antara lain:


Proses belajar mengajar

Untuk proses belajar mengajar Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak berlangsung di kampus utama PKN STAN. Sedangkan, untuk Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak berlangsung di Kampus utama PKN STAN dan juga diselenggarakan di 11 Balai Diklat Keuangan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.


Masa kuliah

Jika Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak berlangsung selama 3 tahun, maka Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak hanya memiliki masa studi selama 1 tahun saja. Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak memiliki total 110 hingga 120 sks. Sedangkan, Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak memiliki total 40 hingga 50 sks saja.


Karya tulis

Untuk pengumpulan karya tulis akhir juga memiliki perbedaan antara Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak dan Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak. Mengingat Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak memiliki masa studi yang singkat, maka karya tulis yang dikumpulkan hanya Laporan PKL saja. Berbeda dengan Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak yang wajib mengumpulkan Tugas Akhir (TA).

Gelar

Ada perbedaan gelar yang didapat pula oleh lulusan Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak dan Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak. Untuk lulusan Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak akan mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Sedangkan untuk Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak akan mendapatkan gelar Ahli Pratama (A.P.).


Golongan

Setelah menyelesaikan pendidikan di PKN STAN, mahasiswa lulusan PKN STAN secara otomatis akan diangkat menjadi CPNS. Nah, lulusan PKN STAN dari Program Studi Diploma 3 (D3) Pajak secara otomatis akan diangkat menjadi CPNS di golongan II-C. Sementara, untuk lulusan Program Studi Diploma 1 (D1) Pajak maka masuk golongan CPNS II-A. Aturan terbaru dari Kemenkeu, lulus PKN STAN masih harus mengikuti tes CPNS sebelum diangkat menjadi CPNS yakni Tes TKD.


Wajib Kerja

Lulusan PKN STAN  Program Studi Diploma 3 (D3) secara otomatis akan diangkat menjadi PNS golongan II-C, sedangkan lulusan Program Studi Diploma 1 (D1)  akan diangkat menjadi PNS Golongan II-A. Lulusan PKN STAN nantinya bisa melanjutkan kuliah lagi setelah 2 tahun bekerja, baik melanjutkan kuliah kedinasan ataupun atas inisiatif sendiri. Tentunya setelah menjadi PNS, lulusan PKN STAN D3 maupun D1 memiliki masa wajib kerja selama (3n+1) tahun. Jadi, untuk lulusan D1 mendapatkan masa wajib kerja selama 4 tahun dan lulusan D3 mendapatkan masa wajib kerja selama 10 tahun.


Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait perbedaan Jurusan D-1 Pajak & D-III Pajak PKN STAN. Meskipun memiliki perbedaan yang signifikan, namun lulusan keduanya tetap sama-sama akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP). DJP sendiri adalah salah satu direktorat jenderal di bawah Kementerian Keuangan Indonesia yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standarisasi teknis pada bidang perpajakan. 


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?

✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi https://mamikos.com/info/jurusan-pajak-pkn-stan/#goog_rewarded 

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE