Berapa Gaji Lulusan STAN? Berikut Rinciannya

Admin CMO • Selasa, 30 Januari 2024

Berapa Gaji Lulusan STAN? Berikut Rinciannya

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan salah satu sekolah tinggi yang menjadi incaran para calon mahasiswa. Hal ini lantaran lulusan PKN STAN dinilai bakal mendapatkan gaji dan tunjangan besar setelah bekerja nanti.


PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. PKN STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit calon mahasiswa. Setiap tahunnya, pendaftar PKN STAN dapat mencapai puluhan ribu peserta.


Mahasiswa yang menempuh pendidikan di PKN STAN tidak dipungut biaya selama menjalani studi. Selain mendapatkan pendidikan gratis, lulusan PKN STAN juga akan langsung diangkat menjadi CPNS. Nantinya, lulusan PKN STAN akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya.


Melansir dari situs PKN STAN, PKN STAN memiliki program pendidikan diploma III (D3) maupun diploma IV (D4). Namun, tahun ini PKN STAN hanya membuka program D4, yaitu D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Manajemen Keuangan Negara, dan D4 Manajemen Aset Publik.


PKN STAN masih membuka jurusan D3, tetapi pendaftaran jurusan D3 PKN STAN hanya berlaku untuk alumni PKN STAN yang masih menyandang gelar D1.




Berapa Gaji Lulusan PKN STAN?


Berdasarkan PMK Nomor 226/PMK.01/2020, lulusan PKN STAN program D3 akan diangkat menjadi CPNS golongan IIc, sedangkan lulusan PKN STAN program D1 akan menempati CPNS golongan IIa. Sementara itu, lulusan PKN STAN program D4 akan disamakan dengan lulusan S1, yaitu CPNS golongan IIIa.


Gaji PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977. Berdasarkan beleid tersebut, berikut gaji lulusan PKN STAN:


  • Lulusan PKN STAN program D1: Rp 2.022.200 - Rp 3.373.600 (PNS golongan IIa)

  • Lulusan PKN STAN program D3: 2.301.800 - Rp 3.665.000 (PNS golongan IIc)

  • Lulusan PKN STAN program D4: Rp 2.579.400 - Rp 4.236.400 (PNS golongan IIIa)


Selain mendapatkan gaji pokok, lulusan PKN STAN juga akan mendapatkan tunjangan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2014, tunjangan kinerja (tukin) terkecil di lingkungan Kementerian Keuangan adalah tukin jabatan kelas 1, yaitu sebesar Rp 2.575.000.


Sementara itu, tukin terbesar di lingkungan Kementerian keuangan adalah tukin jabatan kelas 27, yaitu sebesar Rp 46.950.000.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.




Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?


✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7060942/penasaran-berapa-gaji-lulusan-stan-segini-nih

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE