6 Jurusan Paling Favorit di STAN tahun 2023, Ada incaran kamu ga?

Admin CMO • Selasa, 5 Maret 2024

6 Jurusan Paling Favorit di STAN tahun 2023, Ada incaran kamu ga?

Ini jurusan di STAN paling favorit. Melanjutkan studi di Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN) menjadi impian banyak orang. Masa depan jelas berstatus PNS menjadi alas an utama kenapa STAN selalu menarik sebagai tempat berkuliah. STAN memiliki banyak jurusan prospektif. Meski demikian, tak semuanya ternyata yang diminati calon pendaftar. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan di STAN paling diminati calon mahasiswa.Apa saja?


6 Daftar Jurusan Paling Diminati di PKN STAN

  1. Akuntansi 

Akuntansi dinilai menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Mengapa demikian? Pada dasarnya, lulusan jurusan Akuntansi bisa ditempatkan ke semua instansi karena memang kemampuannya relatif paling umum bila dibanding dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN .


  1. Pajak 

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya yaitu Diploma III Pajak. Di STAN, jurusan Pajak memiliki tiga program studi unggulan, yaitu: 


  • Diploma III Pajak 

  • Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai 

  • Diploma I Pajak 

Apa bedanya D1 Pajak sama D3 Pajak?. Nah, kedua prodi tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok, yaitu dari segi masa kuliahnya. D1 hanya menghabiskan masa kuliah selama 1 tahun atau setara dua semester. Sedangkan, D3 menghabiskan waktu selama 3 tahun atau 6 semester.




  1. Kepabeanan dan Cukai 

Kamu pasti sering mendengar istilah Bea Cukai. Nah, buat kamu yang bermimpi bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), kamu bisa mulai simak informasi mengenai jurusan PKN STAN yang satu ini. Kepabeanan sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah serta pemungutan bea masuk dan keluar. Sedangkan Cukai merupakan pungutan dari negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang telah diatur dalam undang-undang.Di STAN, jurusan Kepabeanan dan Cukai menyediakan dua program studi, yaitu D3 Kepabeanan dan Cukai dan D1 Kepabeanan dan Cukai.

Jurusan PKN STAN yang satu ini juga merupakan satu-satunya yang menerapkan pendidikan semi militer/ Selain belajar di ruang kelas, kamu juga akan menjalani kegiatan rutin, seperti olahraga, dan baris-berbaris. Oleh karena itu, jurusan Diploma III Kepabeanan dan Cukai pada dasarnya dikhususkan untuk para laki-laki. Sedangkan D1-nya boleh diikuti oleh laki-laki dan perempuan.


  1. Kebendaharaan Negara 

Sama seperti Kepabeanan dan Cukai, jurusan PKN STAN yang satu ini juga terdiri dari dua program, yaitu Diploma I Kebendaharaan Negara dan Diploma III Kebendaharaan Negara. 


Kalau mendengar kata bendahara tentu kamu tak asing dengan hal-hal yang berbau uang. Nah, kalau Kebendaharaan Negara ini sendiri akan berfokus untuk mengurus keuangan negara. Jadi, ruang lingkupnya lebih luas tak cuman sekadar kelas saja. Dalam ruang lingkup yang cakupannya lebih luas seperti negara, tentu dibutuhkan orang-orang yang memahami seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.


  1. Penilai / Pajak Bumi Bangunan 

Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, di universitas lain belum ada. Jadi, bisa dibilang jurusan Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB) sifatnya spesialisasi. Di jurusan ini, secara garis besar kamu akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota. Lulusan dari jurusan Penilai/PBB nanti bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Kekayaan atau BPKP.


  1. Manajemen Aset 

Sama seperti halnya Akuntansi dan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya tersedia untuk program Diploma III saja, ya. Bisa dibilang, jurusan Manajemen Aset ini merupakan jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, kamu akan bersinggunggan dengan mata kuliah hukum yang tak bakalan jauh-jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti. Untuk mata kuliahnya, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari pengurusan piutang negara, pengetahuan lelang, manajemen risiko pelelangan, hingga hukum pertahanan dan hukum perdata.


Dari ke 6 jurusan di atas ada yang kamu incar ga? Kamu pengen masuk dari salah satu jurusan ini tapi bingung gimana cara mempersiapkan diri nya? Mending mulai persiapkan diri bersama Bimbel Akses.


TELAH HADIR, BIMBINGAN BELAJAR PERSIAPAN LULUS TES PKN STAN PERTAMA, TERBAIK DAN TERSIAP DI INDONESIA TERBUKTI 90% LOLOS SKD & 80% MENJADI ABDI NEGARA, BAGI KAMU YANG INGIN IKUT SELEKSI MASUK PKN STAN 2024 MULAI PERSIAPKAN DARI SEKARANG YUK BERSAMA BIMBEL AKSES! 


Dengan Bimbingan Belajar Online & Offline yang memiliki kualitas pengajar yang Profesional sudah teruji didukung oleh Soal terupdate 2024 yang sudah berstandar HOTS, Tersedia lebih dari 50.000+ Video Pembelajaran, Tips & Trik Lulus Tes PKN STAN, Tryout SKD berbasis CAT, Sehingga Kamu akan semakin Siap Menghadapi Tes masuk PKN STAN 2024 Bersama Bimbel Akses.


Apa sih kelebihan Bimbel Akses?


✅ Metode belajar terlengkap (kelas tatap muka, kelas online, kelas mandiri)

✅ 80% tenaga pengajar ASN dari kementerian dan 20% Akademis Dosen

✅ Perpustakaan digital dan Cek Jurusan

✅ Try Out Offline dan online dengan DENGAN SOAL TERUPDATE di event.tokedinasan.com

✅ Puluhan video pembelajaran di akseslearning.com

✅ dan fasilitas menarik lainnya


Masih Ragu untuk bergabung?

✅ Di Bimbel Akses sudah bekerjasama dengan kementrian RI

✅ Pengajar Profesional & berkompeten di bidangnya

✅ Pembelajaran dapat diakses dengan sistem Offline dan online

✅ Berpengalaman lebih dari 15 tahun meluluskan pesertanya


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://edukasi.sindonews.com/read/1185479/211/11-lokasi-kampus-pkn-stan-berbagai-kota-di-indonesia-ada-wilayahmu-1693019331

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE