Sejarah Singkat Terbentuknya PKN STAN

Redaksi Bimbel Akses • Senin, 1 Agustus 2022

Sejarah Singkat Terbentuknya PKN STAN

Bagaimana Sejarah Singkat Terbentuknya PKN STAN ? Simak Informasi Ini

akses-stan.com - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang di bawah naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

dikutip dari www.gramedia.com berikut ini adalah Sejarah Singkat Terbentuknya PKN STAN :
 
Jika diuraikan secara singkat, sejarah terbentuknya PKN STAN dapat dirunut, sebagai berikut:

 

 

1. Kursus DJabatan Ajun Akuntan (KDAA) dan Ajun Akuntan Pajak (AAP)


Pada tanggal 31 Juli 1952, melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No.167941/UP, didirikan Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA) yang mencakup Ajun Akuntan Negara (AAN), kursus tersebut diselenggarakan di Bandung, sedangkan untuk Ajun Akuntan Pajak (AAP) diselenggarakan di Jakarta.

 

2. Akademi Pajak dan Pabean (AP2)


Sebelumnya, Akademi Pajak dan Pabean (AP2) lebih dikenal dengan Akademi Pajak berdasarkan dengan Keputusan Menteri Keuangan No: 213812/UP pada pada tanggal 4 Oktober 1956. Kemudian, pada tanggal 25 November 1957 melalui Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP bertransformasi menjadi Akademi Pajak dan Pabean (AP2). AP2 ini berlokasi di tiga tempat, salah satunya di Jl. Purnawarman 00 Kebayoran Baru Jakarta.

 

 3. Keuangan Negara (STIKN)

 

Pada tahun 1959, Akademi Pajak dan Pabean diberhentikan oleh Menteri Keuangan saat itu, kemudian digantikan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara.. Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) berdiri pada tanggal 31 Desember 1959 mengacu pada Surat Keputusan Menkeu No: 175402/UP/X. Bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara, terdapat beberapa institusi pendidikan yang bergerak di bidang keuangan pada saat itu, seperti Akademi Treasury Negara (ATN) yang didirikan oleh Departemen Keuangan pada tahun 1958 dan Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) yang didirikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 1963.   

 

 

Program Bimbel Akses

 

 

Join Now

 

 

4. Institut Ilmu Keuangan (IIK)


Institut Ilmu Keuangan (IIK) didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Keppres No.167 tahun 1968. Institut Ilmu Keuangan merupakan peleburan dari STIKN, ATN, dan ADPK yang sudah setara dengan perguruan tinggi lainnya. Namun, delapan tahun kemudian tepatnya pada tahun 1957 Institut Ilmu Keuangan dibubarkan.

 

5. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)


Awalnya, STAN bukan pengganti dari Institut llmu Keuangan yang telah dibubarkan. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah BPLK (Badan Pendidikan dan Latihan keuangan) yang terbentuk melalui Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974 jo. Kemudian, pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975. STAN mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 

 

Nah itu dia Sejarah Singkat Terbentuknya PKN STAN yang dikutip dari www.gramedia.com

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses ?.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.
2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.
3. Pengajar sangat berkompeten.
4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.
5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

Nah itu dia mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sekolah kedinasan dan menjadi abdi negara bersama bimbel aksesdaftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes sekolah kedinasan bersama education consultant bimbel akseschat disini.

 

Salam Sukses 

 

Referensi :

https://www.gramedia.com/pendidikan/universitas/politeknik-keuangan-negara-stan/

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE