Perbedaan 3 Jalur SPMB PKN STAN 2023

Admin CMO • Rabu, 12 April 2023

Perbedaan 3 Jalur SPMB PKN STAN 2023

akses-stan.com - Hallo Staneer Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) telah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru mulai 1 April hingga 30 April 2023. Berdasarkan pengumuman resmi pihak PKN STAN, penerimaan mahasiswa baru tahun ini akan dilakukan melalui tiga jalur. Adapun program yang disediakan bagi calon mahasiswa PKN STAN 2023 yakni Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Diploma IV Manajemen Aset Publik. Ketiga program tersebut memiliki kuota masing-masing.

Lalu, apa saja tiga jalur masuk PKN STAN tahun ini? Berikut rinciannya.

 

3 Jalur Masuk PKN STAN Tahun 2023


1. Jalur Reguler
Jalur Reguler adalah jalur penerimaan mahasiswa baru dari seluruh lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag seperti SMA/SMK/Kelompok Belajar Paket C/MA/MAK/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/SMAK/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, kementerian/lembaga lainnya, atau pemerintah daerah.

Berikut jumlah kuota untuk masing-masing program pada Jalur Reguler:

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik: 404
  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara: 365
  • Diploma IV Manajemen Aset Publik: 171

 

 

 

 

2. Jalur Afirmasi
Jalur Afirmasi Kewilayahan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag seperti SMA/SMK/Kelompok Belajar Paket C/MA/MAK/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/SMAK/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah afirmasi untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, kementerian/lembaga lainnya, atau pemerintah daerah diutamakan pada wilayah afirmasi tersebut.

Berikut jumlah kuota untuk masing-masing program pada Jalur Afirmasi:

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik: 44
  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara: 36
  • Diploma IV Manajemen Aset Publik: 20

 

3. Jalur Pembibitan
Jalur Pembibitan adalah jalur penerimaan mahasiswa baru lulusan pendidikan menengah atas di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag seperti SMA/SMK/Kelompok Belajar Paket C/MA/MAK/Pendidikan Diniyah Formal/Pesantren/SMAK/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Pendidikan Keagamaan Katolik/Utama Widya Pasraman/Pendidikan Keagamaan Khonghucu/sekolah keagamaan lain/sederajat melalui mekanisme kerja sama PKN STAN dengan pemerintah daerah. Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pendidikan akan ditempatkan pada instansi pemerintah daerah asal.

Berikut jumlah kuota untuk masing-masing program pada Jalur Pembibitan:

  • Diploma IV Akuntansi Sektor Publik: 22
  • Diploma IV Manajemen Keuangan Negara: 19
  • Diploma IV Manajemen Aset Publik: 19

 

Nah, itu dia perbedaan 3 jalur SPMB PKN STAN 2023.

 

 

 

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi tes sekolah kedinasan STAN bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ?

Program Bimbel Akses

 

1. Berpengalaman selama 14 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan PKN STAN.

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes PKN STAN bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu bersama bimbel akses, daftar sekarang.

Salam sukses !

 



 

Referensi :

- https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-6650073/catat-ini-3-jalur-masuk-pkn-stan-tahun-2023/amp
 

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE