Apakah Kamu Berminat Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN, Berikut Syarat Penerimaan PKN STAN 2022

Admin CMO • Selasa, 18 Oktober 2022

Apakah Kamu Berminat Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN, Berikut Syarat Penerimaan PKN STAN 2022

akses-stan.com - Apakah kamu berminat masuk Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN? Jika mau masuk STAN, maka kamu wajib mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Sebab, penerimaan mahasiswa baru PKN STAN akan kembali dibuka pada 2023, dengan menggunakan nilai UTBK-SBMPTN. dikutip dari edukasi.kompas.com "Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2022 kembali akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),

 

Penggunaan nilai UTBK sebagai salah satu syarat administrasi kembali diterapkan untuk mencegah penyebaran dan kenaikan kasus Covid-19. Maka dari itu, siswa yang berminat mendaftar PKN STAN harus mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. Perlu dipahami, siswa boleh mengambil kelompok ujian saintek, soshum, maupun campuran. Meski sudah pasti memakai nilai UTBK, pengumuman resmi terkait penerimaan mahasiswa baru STAN baru akan dirilis bersamaan dengan pengumuman pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan 2022. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan kementerian terkait yang akan mengumumkan hal tersebut.


 

Namun sebelum itu, calon peserta PKN STAN bisa melihat kriteria dan syarat pendaftaran seperti tahun 2021 sebagai bahan acuan memahami alur pendaftaran PKN STAN 2022. Meski begitu, tetaplah update informasi terkini di laman resmi PKN STAN agar tak ketinggalan info terkini berkaitan dengan pendaftaran tahun 2022. 


 

Kriteria peserta PKN STAN Dikutip dari situs resmi spmb.pknstan.ac.id, pada tahun lalu, persyaratan yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut: 

 

  • Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kemenkeu, Kementerian/Lembaga (K/L) lainnya, atau pemerintah daerah.

 

  • Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kemenkeu.  

 

 

Syarat pendaftaran PKN STAN 

 

1. Persyaratan lulusan untuk pendaftar PKN STAN: 

  • Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat. 
  • Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

 

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta PKN STAN: 

  • Lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. 
  • Calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (Semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang kamu telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00. 

 

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, artinya kamu yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun. 

 

4. Telah terdaftar UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT tahun 2021. 

 

5. Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.

 

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). 

 

7. Bagi pria tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat. 

 

8. Bagi wanita tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik anggota badan lainnya selain telinga, dan tidak bertindik/bekas ditindik di telinga lebih dari satu pasang. 

 

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan. 

 

10. Tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya. 

 

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat berikut: 

 

  • Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP atau yang sederajat, dan SMA atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.

 

  • Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur (NTT). 

 

  • Mendapat rekomendasi dari SMA atau yang sederajat yang menyatakan bahwa kamu merupakan dua usulan terbaik.

 

Nah, demikian untuk informasi syarat pendaftaran untuk masuk Politeknik Keuangan Negara STAN, semoga dengan informasi ini bisa membatu untuk kalian para pejuang sekolah kedinasan , semangatt..

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes sekolah kedinasan bisa bergabung bersama bimbel akses, mengapa harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses ?.

 

1. Berpengalaman selama 13 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi ASN, cek testimoninya, klik disini.

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes sekolah kedinasan.

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

 

Nah itu dia mengapa kamu harus mempersiapkan tes sekolah kedinasan bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sekolah kedinasan dan menjadi abdi negara bersama bimbel akses, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai tes sekolah kedinasan bersama education consultant bimbel akses, chat disini.

 

Salam Sukses 

 

 

 

 

Referensi :

https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/12/084500271/penerimaan-pkn-stan-2022-cara-daftar-syarat-dan-jurusan-kuliah?page=all

 

Akses

Copyright © 2024. All rights reserved. AKSES EDUCATION CENTRE